Ini Jenis-Jenis Wawancara Kerja

Ilustrasi Wawancara Kerja


Tips Kerja, Kabaminangnews.blogspot.co.id | News : Jika anda seorang Fresh Graduate yang sedang mencari kerja ataupun yang akan menghadapi wawancara kerja, mungkin akan banyak pertanyaan yang muncul di pikiran anda. Seperti apa wawancara itu...?, Pertanyaan apa yang akan ditanyakan nanti...?, Apakah saya bisa menjawab semua pertanyaan dengan baik dan tepat...?, lalu mungkin sempat terlintas Apakah saya bisa diterima bekerja di perusahaan tersebut...?.

Semua pertanyaan tersebut selalu berputar dalam kepala kita, yang tentu akan membuat kita semakin bingung, stres, dan sangat tidak nyaman. Tapi tenang saja, anda tidak sendiri disamping anda tentu akan banyak orang yang mengalami hal serupa dengan anda. 

Kali ini penulis akan membagikan Beberapa jenis-jenis wawancara kerja, sebagai seorang Fresh Graduate ataupun mungkin Anda yang sedang mencari kerja, tidak salahnya sedikit mempelajari jenis-jenis wawancara kerja. Setidaknya semakin banyak tau, semakin banyak ilmu.

Beberapa Jenis-Jenis Wawancara Kerja

1. Wawancara Standar
    
    Wawancara ini merupakan tipe wawancara kerja yang paling sering digunakan oleh perusahaan-perusahaan. Di mana saat menjalani wawancara anda umumnya akan diwawancarai oleh seorang atau mungkin lebih pewawancara. Biasanya pada wawancara ini, pewawancara akan mengajukan pertanyaan untuk mengetahui ataupun menguji apakah anda orang tepat yang mereka cari. Adapun contoh pertanyaan yang diajukan yaitu :

                a. Ceritakan dengan singkat tentang diri anda...?
                b. Apa yang membuat anda tertarik untuk bekerja di perusahaan ini...?
                c. Apa yang anda ketahui tentang perusahaan kami...?

2. Wawancara Perilaku

     Wawancara perilaku pada umumnya akan terfokus pada perilaku masa lalu anda guna   memprediksi perilaku masa depan anda. Banyak perusahaan yang menerapkan dan menyukai wawancara seperti ini. Karena perilaku sangat mempengaruhi kinerja seorang pekerja. Adapun contoh pertanyaan yang akan diajukan yaitu : 

                 a. Apa yang anda lakukan ketika sedang tidak berkuliah/bersekolah...?
                 b. Apa kegagalan terbesar anda...?
                 c. Apa Keberhasilan terbesar anda...?

3. Wawancara Via Telepon

    Wawancara ini biasanya akan dilakukan ketika lokasi si pelamar sangat jauh ataupun tidak diketahui oleh perusahaan. Perusahaan asing sangat sering menerapkan jenis wawancara seperti ini. Pada dasarnya anda akan ditanya seperti wawacara pada umumnya, yang menjadi pembedanya anda di wawancara melalui via telepon, walaupun terlihat cukup gampang karena tidak perlu bertemu langsung dengan si pewawancara tetapi anda tetap harus bersikap dan bertutur yang baik.

4. Wawancara Kasus

    Wawancara kasus umumnya diterapkan oleh perusahaan-perusahaan konsultan. Wawancara seperti ini, ingin mengetahui respon atau tanggapan anda saat menyelesaikan masalah-masalah atau isu-isu yang spesifik dari perusahaan tersebut. 

5. Wawancara Situasional

     Wawancara seperti ini hampir sama seperti wawancara kasus, anda akan diberikan sebuah permasalahan, setelah itu anda diminta untuk menyelesaikan permasalah tersebut. Untuk penilaian wawancara ini lebih difokuskan pada kinerja masa depan anda.

6. Wawancara Panel

    Wawancara kali ini biasanya akan di hadiri oleh 5 orang pewawancara. Dimana mereka akan mengajukan bermacam jenis pertanyaan. Kurang lebih situasinya seperti anda ujian kompre saat kuliah. Kuncinya, jangan gugup menghadapi wawancara jenis ini.

7. Wawancara Persentasi

    Pada wawancara ini biasanya anda akan diberi sebuah isu bisnis dan kemudian anda persentasikan solusi ke satu atau lebih karyawan perusahaan. Waktu yang di berikan sekitar 30 menit, dimana 15 menit untuk persiapan dan 15 menit untuk mempersentasikan.


Itulah beberapa jenis-jenis wawancara kerja, semoga dapat membantu menambah pengetahuan dan membuat anda lebih percaya diri lagi dalam menjalani wawancara kerja. Semoga Bermanfaat [KabaMinangNews]

Post a Comment for "Ini Jenis-Jenis Wawancara Kerja"