Presiden Jokowi : Jalan Tol Padang-Pekanbaru Akhir 2017

Rencana Pembangunan Tol Padang-Pekanbaru

Padang, Kabaminangnews.blogspot.com | News : Rencana pemerintah dalam pembangunan jalan tol antar Provinsi Sumatera Barat dengan Provinsi Riau terus di upayakan. Pada Bulan Agustus nanti Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), PT. Hutama Karya dan Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) dan Pemerintah Provinsi Sumbar (Pemprov Sumbar) akan menanda tangani Memorandum of Understanding (MoU) untuk percepatan pembangunan jalur bebas hambatan penghubung 2 provinsi tersebut. 

Seperti ditargetkan sebelumnya pembangunan jalan tol bisa dibangun tahun depan ungkap Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sumbar, Fathol Bari dalam mengahadiri rapat terbatas antara Gubernur Sumbar Irwan Prayitno beserta Presiden RI Ir. Joko Widodo, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan beberapa instansi terkait, Minggu lalu. Hasil dari rapat terbatas itupun menjelaskan bahwa pembangunan jalan tol yang akan dibantu dari pembiayaan Asian Infrastructure Invesment Bank (AIIB), akan bisa di laksanakan setelah adanya MoU dari beberapa pihak.

Jalan Tol Padang-Pekanbaru ini akan dikerjakan PT. Hutama Karya dengan konsep Service Level Agreement (SLA). Adapun konsep pembangunan tersebut merupakan anjuran dari Komisi Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP). Hanya saja konsep SLA ini masih dalam tahap pembahasan antara internal pihak Kemenkeu,PUPR, PT. Hutama Karya, dan KPPIP yang nantinya pihak-pihak ini akan melakukan MoU bersama Pemprov Sumbar, kalo kami tentu sudah siapkan syaratnya, ucap Fathol Bari.

Ditambahkan Fathol, setelah MoU Pemprov Sumbar akan meminta pihak Dinas PUPR untuk menunjuk Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) untuk mengurus proses pembangunan jalan tol. Semua mengenai pembebasan lahan, desain, dokumen lingkugan, dan sebagainya akan dikerjakan oleh PPK. Kalo MoU dapat selesai Bulan Agustus, kami optimis 2018 proses pembangunan jalan tol telah dapat dilaksanakan. 

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno juga menjelaskan bahwa akan ada rapat terbatas dalam minggu ini, disamping soal jalan tol rapat ini nantinya juga akan membahas beberapa program strategis nasional lainnya, seperti jalan di Kepulauan Mentawai, Jalan Padang-Mandeh dan jalur kereta api yang direvitalisasi baik dari Padang Panjang-Bukittinggi, beserta Padang-Pariaman. Lalu ada pembahasan jalan tepi pantai ke bandara dan jalan Koto Baru, tutur Irwan Prayitno.

Di lokasi yang berbeda yaitu tepatnya saat melakukan napak tilas pembangunan jalan tol lintas Sumatera Pekanbaru-Dumai Kota Pekanbaru, Presiden Jokowi beserta rombongan Menteri dan Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman serta Kapolda Riau Zulkarnaen Adinegara. Dalam kesempatan itu Presiden Jokowi menjelaskan rencana pembangunan tol akan dimulai akhir tahun ini. Rencananya pemerintah akan menggeser lokasi agar menjadi lebih dekat. Soal pembebasan tanah tentunya ini lebih mudah dikarenakan tanahnya ini tanah BUMN. Presiden juga menambahkan bahwa pembangunan Trans Sumatera rencananya akan dilakukan tahun depan secara berurutan, pungkas Jokowi. [KabaMinangNews]

Post a Comment for "Presiden Jokowi : Jalan Tol Padang-Pekanbaru Akhir 2017"