Gua Batu Kapal di Kabupaten Solok Selatan "Bakal Menjadi Geopark Nasional"

Gua Batu Kapal Kabupaten Solok Selatan (SUMBAR)

Solok Selatan, Kabaminangnews.blogspot.co.id | News : Satu Lagi Provinsi Sumbar memiliki tempat tujuan wisata yang bagus untuk dikunjungi. Gua Batu Kapal yang terletak di Jorong Ngalau Indah, Kecamatan Sangir Balai Janggo, Solok Selatan ini telah cukup banyak di minati wisatawan. Meskipun terbilang baru Booming, akan tetapi selama libur lebaran lalu, sebanyak 21.462 orang telah mengunjungi gua (goa) tersebut.

Yulnofrins Napilus Humas GRM Solsel mengatakan, "Dalam kurun waktu dekat ini, sebanyak delapan orang Tim Geopark akan mendatangi tempat wisata ini. Terdiri dari komunitas GRM dari Jakarta serta lokal dan dua pakar yaitu Asdep Wisata Petualangan Kementrian Pariwisata Amalia Yunita dan Seorang Ahli Gua Cahyo Alkantana," ujarnya.

Adapun kunjungan yang disertai penelitian tersebut guna membantu pemerintah mempromosikan dan mengembangkan kepariwisataan daerah, juga agar nantinya gua batu kapal itu dapat diusulkan menjadi Geopark Nasional. Setelah nanti diteliti dan diperoleh hasilnya, data tersebut akan kami berikan ke Pemda. Untuk keputusan Apakah nanti layak untuk diusulkan menjadi Geopark Nasional itu tentu berdasarkan kebijakan Pemda sendiri, tutur Yulnofrins.

Ditambahkannya, sasaran penelitian adalah untuk mengetahui berapa umur gua, kemudian jenis batu, serta fosil di gua itu. Menurutnya, batu kapur biasanya hanya terjadi di tepi pantai bukan di daratan yang jauh dari laut seperti di Solok Selatan  dan proses tersebut pasti membutuhkan waktu jutaan tahun lamanya. Jadi, setelah umurnya diketahui nanti baru bisa di jelaskan ke bawah dan ujungnya bagaimana gua itu terbentuk. Sehingga nanti akan ada keterangan jelas yang akan membuat wisatawan tertarik untuk mengunjunginya, jelas Yulnofrins.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Bagian Humas Kabupaten Solok Selatan Firdaus Firman menegaskan, Pemda Solsel siap untuk mengusulkan Gua Batu Kapal ke Geopark Nasional karena dokumen-dokumennya sudah lengkap, terang Firdaus.

Gua Batu Kapal sendiri ditemukan sekitar tahun 1984, akan tetapi baru banyak diminati sekitar Maret 2017. Letaknya sekitar 20Km dari pusat ibukota Kabupaten Solok Selatan, Padang Aro. Di kutip dari harian Padang Ekspres [KabaMinangNews] 

Post a Comment for "Gua Batu Kapal di Kabupaten Solok Selatan "Bakal Menjadi Geopark Nasional""