"Hujan Lebat" Nagari Kasang Terendam Banjir

Sebanyak 600 Rumah Di Nagari Kasang Terendam Banjir 



Padang Pariaman, Kabaminangnews.blogspot.co.id : Frekuensi curah hujan yang tinggi membuat Nagari Kasang Kabupaten Padang Pariaman, digenangi banjir.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Padang Pariaman menginformasikan, "Pada pukul 11:00 WIB tadi kedalaman air mencapai 1,5 meter dan sekitar 600 kepala keluaga di Nagari Kasang terkena dampak banjir. Akan tetapi sekarang ketinggian air mulai surut", ungkap Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Padang Pariaman Amiruddin di Kelurahan Batang Anai, Senin (21/8). 

Pada peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa namun ada banyak kerugian materil, warga yang terendam banjir seperti peralatan elektronik serta berbagai perabot rumah tangga yang rusak dan terendam oleh banjir, terangnya.

Amiruddin menambahkan "bahwa akibat banjir tersebut ratusan rumah, satu mesjid, satu SMP dan SMA terendam oleh air banjir, akibatnya untuk mengevakuasi siswa yang terjebak banjir, kami mengerahkan regu tim kami dan satu perahu karet". 

Banjir tersebut terjadi karena tingginya curah hujan pada daerah tersebut yang memicu Sungai Batang Anai meluap, serta ditambah saluran penampung air di daerah tersebut tidak sanggup menampung debit air, ujarnya.

Peristiwa seperti ini memang sudah merupakan peristiwa tahunan, untuk mengantisipasi banjir susulan sekarang tim sedang merevitalisasi anak Sungai Batang Anai untuk dijadikan saluran pembuangan air, tuturnya.

Sementara itu, Elsa (45) salah seorang korban yang rumahnya di rendam banjir menyatakan " Saya tidak mau dievakuasi, peristiwa ini merupakan peristiwa musiman, saya yakin sebentar lagi banjirnya surut".

Selain Kasang, ada tiga kecamatan yang juga terkena dampak banjir, daerah tersebut yaitu, Ulakan Tapakis, Sintuak Toboh Gadang, dan Sungai Limau. Bahkan Bandara Internasional Minangkabau (BIM) juga sempat menunda penerbangan, dikarenakan landasan yang tergenang air banjir. Di kutip dari Antarasumbar.com. [KabaMinangNews]




Posting Komentar untuk ""Hujan Lebat" Nagari Kasang Terendam Banjir "