Kemenpan-RB Akan Membuka Seleksi CPNS Dosen Tahun Ini

Asman Abnur





Padang, Kabaminangnews.blogspot.co.id | News : Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) akan membuka lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) formasi dosen tahun 2017 ini.

Pembukaan tersebut dilakukan karena kebutuhan tenaga pengajar dosen yang kurang di beberapa daerah, tutur Menteri PAN-RB Asman Abnur selepas membuka acara BAKTI 2017 mahasiswa Universitas Andalas (Unand), di Padang, (1/8/2017).

Asman menyatakan "bahwa meski secara umum terbentuknya moratorium penerimaan, beberapa kementerian yang membutuhkan tambahan pegawai tetap dibuka sebagai dosen dari Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti)". Terkait jumlah tersebut, tambahnya, tergantung keputusan Kemenristekdikti sekaligus sebagai kampus yang akan mendapat tambahan dosen.

Dalam hal pembukaan CPNS, kriteria dosen masih sama, antara lain, harus memiliki minimal gelar master(magister) atau S2 dan usia maksimal 35 tahun. Kendati demikian, imbuhnya dalam hal seleksi akan dilakukan secara ketat dan terstruktur. Hal ini juga memungkinkan lulusan yang memperoleh gelar cum laude atau dengan pujian bebas dari tes tulis dan akan langsung dites pada tahap selanjutnya saja.

Selain dosen CPNS dalam waktu dekat akan dibuka penerimaan lainnya seperti untuk Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), BPPT, syarat ketentuan pendidikan tergantung pada kebutuhan masing-masing instansi. Kemudian penerimaan CPNS di wilayah ini tergantung pada kebutuhan dan tuntutan daerah tersebut. Namun, untuk kesempatan yang lebih besar pemerintah membuka lebar lowongan untuk CPNS di Papua dan provinsi termuda di Indonesia Kalimantan Utara, sebut Asman.

Kebutuhan aparatur sipil negera ini masih dibutuhkan tapi akan disaring yang lebih berkualitas dan yang kompetitif. Karena, dalam setahun kurang lebih ada 100 ribu Aparatur Sipil Negara (ASN) yang sudah pensiun, dan orang yang akan diterima mengisi kekosongan hanya lima puluh persen dari jumlah itu, tutup Asman. [KabaMinangNews]

Post a Comment for "Kemenpan-RB Akan Membuka Seleksi CPNS Dosen Tahun Ini"