Waspada...!!! Gunung Marapi Sumbar Mulai "Batuk-Batuk"

Gunung Marapi Sumbar Terletak di Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Agam 


Tanah Datar, Agam, Padang Panjang, Kabaminangnews.blogspot.co.id | News : Sudah Empat hari terakhir, Gunung Marapi Sumbar yang berada di sekitar Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Agam, dan Kota Padang Panjang selalu mengeluarkan asap hitam. Kondisi ini dapat dilihat langsung dengan mata telanjang (visual), bahwa gunung yang memiliki tinggi sekitar 2891 meter diatas permukaan laut (mdpl) ini terus menyemprotkan asap hitam setiap paginya. Masyarakat mulai khawatir, "batuk-batuk" Gunung Marapi itu merupakan pertanda yang tidak bagus.

Hampir setiap pagi kita bisa melihat awan asap tebal bewarna hitam, terkadang putih, dari puncak kawah Marapi dalam kurun waktu empat hari terakhir. Pemerintah diminta harus secara proaktif menginformasikan perkembangan situasi Gunung Marapi, sehingga masyarakat tidak akan khawatir dan bertanya-tanya,  jelas Apri (55), seorang petani yang berada di daerah Pariangan dimana lokasi tersebut merupakan lokasi yang cukup dekat dengan Gunung Marapi.

Dijelaskan Apri, terakhir ia melihat awan asap tebal dengan ledakan cukup tinggi dari kawah antara pukul 06.00 - 07.30 WIB Kamis, (3/8/2017).

Semetara itu, Hartanto dari Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMB) menginformasikan, tingkat aktivitas Marapi masih di tingkat II atau siaga, tapi sewaktu-waktu bisa berubah. Untuk itu kami beritahukan kepada masyarakat setempat, turis, serta pengunjung yang akan mendaki Gunung Marapi, untuk sementara waktu ini tidak diperkenankan mendaki ataupun berkunjung ke Gunung Marapi hingga radius tiga kilometer dari kawah. Karena dikhawatirkan kondisi ini akan membahayakan keselamatan kita masing-masing, pungkasnya kepada Harian Singgalang. [KabaMinangNews]

Post a Comment for "Waspada...!!! Gunung Marapi Sumbar Mulai "Batuk-Batuk" "