Kemenristekdikti Umumkan, Unand Peringkat 12 Se-Indonesia

Universitas Andalas Kota Padang Provinsi Sumatera Barat Mampu Mempertahankan Peringkat Ke-12
Klasterisasi Perguruan Tinggi Tahun 2017


Padang, Kabaminangnews.blogspot.co.id | News : Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Republik Indonesia (RI) kemarin, Universitas Andalas (Unand) kembali mampu membanggakan Ranah Minang dengan mempertahankan prestasi sebagai Kampus terbaik peringkat ke-12 Se-Indonesia. Serta Unand juga, merupakan satu-satunya wakil Universitas di Pulau Sumatera yang masuk dalam klaster utama. Dimana Klaster utama sendiri merupakan kasta tertinggi dalam peringkat universitas di Indonesia. 

Rektor Unand Tafdil Husni menjelaskan, " Ada sebanyak 5 klaster yang menentukan peringkat suatu perguruan tinggi. Alhamdulillah, kami berhasil kembali menduduki klaster utama yang telah diraih sejak beberapa tahun terakhir".

Di klaster utama, ada sebanyak 14 perguruan tinggi, Unand berhasil menduduki posisi ke-12. Ini tergolong prestasi membanggakan, mengingat ada 4.000 lebih perguruan tinggi di Indonesia yang sudah terakreditasi, tuturnya.

Tafdil Husni menambahkan, prestasi yang kami raih ini tentu tidak lepas dari kerja sama, serta semangat yang ditunjukkan oleh seluruh stakeholders. Karena dalam menentukan layak atau tidaknya suatu universitas masuk klaster utama ada empat aspek yang menjadi penilaian dan pertimbangan.

Empat aspek tersebut antara lain, sumber daya manusia (SDM), akreditasi masing-masing 30 persen, kemahasiswaan sebanyak 10 persen, dan yang terakhir aspek penelitian dan publikasi poinnya juga 30 persen, katanya.

Kemudian dia menjelaskan, Untuk sumber daya manusia sendiri penilaiannya berpatokan jumlah dosen berpendidikan S-3, dosen yang menjabat sebagai rektor kepala dan guru besar, ditambah rasio mahasiswa terhadap dosen. 

Selanjutnya aspek akreditasi berpatokan dengan akreditasi institusi dan akreditasi program studi. Ketiga Aspek kemahasiswaan penilaiannya merupa pencapaian medali pada Pimnas serta prestasi yang diraih pada event nasional maupun internasional. 

Untuk yang terakhir aspek penelitian dan publikasi menyangkut pencapaian kinerja penelitian berdasarkan penilaian DP2M, termasuk jumlah artikel yang terindeksdi scopusper dosen, tutupnya. Di kutip dari harian Padang Ekspres. [KabaMinangNews]


Post a Comment for "Kemenristekdikti Umumkan, Unand Peringkat 12 Se-Indonesia"