Resep Membuat Martabak Aceh Gurih Dan Lezat

Martabak Aceh
Tips Kuliner, Kabaminangnews.blogspot.co.id | News : Di Indonesia bahkan hingga luar negeri kuliner martabak merupakan salah satu jajanan yang sangat banyak penikmatnya. Berbagai pilihan martabak ada yang manis dan juga yang asin tersedia di warung-warung atau gerobak-gerobak pinggir jalan yang menawarkan kuliner martabak kepada para pencintanya. Soal Hargapun tergolong terjangkau untuk kantong. Rasanya tidak usah ditanya lagi pasti bikin ketagihan para penikmat kuliner sekalian.

Pada info kali ini penulis akan memberikan resep dan tips untuk membuat martabak khas daerah Aceh biasa disebut "Martabak Aceh", martabak ini masuk ke dalam jenis martabak asin. Dimana martabak ini terlihat seperti martabak Mesir pada umumnya. 

Penulis sendiri karena kurangnya info, belum mengetahui secara rinci apakah martabak Aceh dan martabak Mesir itu merupakan martabak yang sama atau berbeda. Tetapi menurut penulis sendiri perbedaannya terletak pada bahan daging yang disediakan, untuk martabak Mesir bahannya adalah daging sapi, sementara untuk martabak Aceh menggunakan daging ayam sebagai bahannya.

Bagi viewer yang sudah tidak sabar ingin mencoba menyajikan martabak Aceh untuk keluarga ataupun bisa digunakan untuk semakin memperdalam ilmu kuliner nusantara, simak tips resep membuat martabak Aceh berikut ini.

Resep Membuat Martabak Aceh Lezat Dan Gurih :

Resep Membuat Martabak Aceh Gurih Dan Lezat

Bahan-Bahan Utama 

7 sampai 9 butir telur ayam (sesuai selera dan besar martabak yang akan dibuat), 1 siung bawang bombay (iris kecil-kecil), 2 siung bawang putih (tumbuk halus), 2 batang daun seledri (iris tipis), 2 batang bawang perai (iris kecil-kecil), 1sdt garam halus, 200 gram daging ayam (bagian dada yang telah di iris-iris dan direbus), udang kecil (dipotong kecil), minyak goreng atau sayur 3 sdm (untuk menumis).

Bahan Untuk Membuat Kulit Martabak 

400 gram tepung terigu (sesuai selera), 175 air yang telah direbus, 50 gram margarin, 2 butir telur ayam, 1 sdt garam halus.

Bahan Untuk Acar 

Irisan bawang merah (potong dadu), cabai hijau atau cabai jintan sekitar 100 gram (sesuai selera), 2 sdt cuka, setengah sendok makan gula pasir, mentimun yang sudah diiris (secukupnya), kuah kari daging.

Cara Membuat 
  • Untuk membuat isi martabak pertama tumis bawang putih beserta bawang bombay sampai wangi menggunakan minyak goreng.
  • Tambahkan kedalamnya daging ayam , udang, serta garam, lalu masak hingga benar-benar matang, angkat, kemudian ambil wadah dan letakkan, sisihkan sebentar agar bahan-bahan tersebut dingin.
  • Kemudian pecahkan beberapa telur tadi dan masukan kedalam wadah yang telah diisi bahan, kocok hingga semua bahan tercampur, kemudian sisihkan. 
  • Untuk membuat kulitnya, aduk tepung terigu beserta margarin dan ditambah garam halus, kocok atau aduk hingga terlihat berpasir.
  • Kemudian pecahkan 2 butir telur kedalamnya aduk rata, tambahkan sedikit air matang sedikit demi sedikit hingga berbentuk seperti adonan (kalis).
  • Lalu ambil adonan kulit kira-kira sebanyak 75 gram kepalkan hingga berbentuk bulat, lakukan hal ini hingga semua adonan habis, rendam adonan kulit dengan menggunakan minyak sayur, angkat dan tutup dengan serbet selama kurang lebih satu jam.
  • Setelah selesai lanjutkan dengan mengambil 1 adonan kulit, pipihkan kira-kira 1/2 cm dengan diameter sekitar 15-20 cm.
  • Panaskan minyak goreng, ambil 1 adonan kulit yang sudah di pipihkan, kemudian letakkan adonan di wajan pipih (seperti pemanggang khusus untuk membuat martabak), Ambil Adonan isi martabak tadi secukupnya, lalu tempatkan di sisi tengah adonan kulit. Sembari di goreng lipatlah adonan kulit hingga menutupi semua isi martabak tadi.
  • Goreng adonan kulit hingga bewarna kecoklatan atau kesemua sisi adonan kulit matang, angkat dan sisihkan (lakukan sampai bahan adonan kulit habis).
  • Hidangkan martabak Aceh dengan campuran acar dan kari yang sudah disiapkan sebelumnya.
Sekian info kali ini, semoga bisa bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan tentang cara membuat martabak Aceh ala rumahan. [KabaMinangNews]





Post a Comment for "Resep Membuat Martabak Aceh Gurih Dan Lezat "