Resep Meracik Dan Mengolah Mie Aceh Enak Dan Nikmat

Resep Mie Aceh Kering Enak Dan Nikmat
Tips Kuliner, Kabaminangnews.blogspot.co.id | News : Pada saat sekarang ini telah banyak inovasi dan kreasi mengenai ragam-ragam olahan kuliner mie di Indonesia. Tidak bisa dihindari juga, bahwa kian banyak masyarakat Indonesia yang terpukau dengan kenikmatan kuliner mie tersebut. 

Kuliner mie sepertinya mulai menjadi makanan pokok bagi hampir setiap kalangan masyarakat di Indonesia. Namun tetap perlu diwaspadai mengonsumsi kuliner olahan mie secara berlebihan tetap tidak bagus untuk kesehatan.

Akan lebih disarankan tentunya jika kita bisa membuat mie racikan sendiri. Dimana bahannya kita yang milih dan cara membuatnya kita yang menentukan sendiri.   

Nah, bagi anda yang ingin meracik dan mengolah mie buatan sendiri, kali ini akan dibagikan sedikit info resep meracik dan mengolah mie Aceh kering enak dan lezat. 

Sedikit info Mie Aceh merupakan mie yang umumnya berwarna kuning dengan tekstur yang legit dan mie yang tidak mudah patah ketika penyajiannya. Dari namanya tentu sudah bisa di infokan bahwa kuliner mie tersebut berasal dari daerah Aceh. Mie ini tersedia dalam penyajian kering dan basah (berkuah).

Mie Aceh biasa disajikan pedas ditambah berbagai variasi yang menggugah selera para pencinta olahan mie nusantara tentunya. Adapun bahan-bahan tambahannya yaitu seperti daging kambing atau sapi, kerupuk, bahkan sejenis seafood seperti udang atau kepiting. 

Sekarang sudah banyak warung-warung mie Aceh yang tersebar di Indonesia bahkan sampai mancanegara. Ini menandakan mie Aceh sudah populer dan banyak menarik perhatian penikmat kuliner di Indonesia dan Mancanegara. 

Pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan sedikit info dan resep meracik dan mengolah mie Aceh kering yang enak dan nikmat. Jadi, bagi anda yang sudah memiliki ide untuk membuat kuliner ini simak info dan resep berikut.

Resep Meracik Dan Mengolah Mie Aceh Kering Enak Dan Nikmat :
masteresep.com
Bahan-Bahan Untuk Meracik Mie Aceh :

250gr tepung terigu, 35gr tepung tapioka, 2 butir telur ayam, 1sdt kaldu ayam bubuk, 3sdm minyak bawang, 1sdt garam halus, 40ml air.

Cara Meracik Mie Aceh :
  • Pertama anda harus memiliki mesin pengaduk dan pencetak mie.
  • Masukan tepung terigu dan tepung tapioka kedalam mesin pengaduk mie, hingga bahan adonan merata.
  • Masukan telur dan minyak bawang, campurkan dengan adonan, lalu aduk kembali hingga adonan mulai mengeras dan menggumpal.
  • Tambahkan air dan kaldu ayam aduk sebentar, lalu diamkan adonan sekitar 20 menit, disarankan tutup wadah adonan menggunakan plastik agar tidak dimasuki udara.
  • Setelah itu pipihkan adonan dengan menggunakan alat penggiling adonan, pipihkan sedekit demi sedikit sambil ditaburi tepung terigu agar adonan tidak lengket. Pipihkan adonan hingga dirasa ketebalannya pas.
  • Kemudian cetak adonan dengan alat pencetak mie, lalu simpan mie yang telah ditaburi tepung terigu, lanjutkan dengan mengiris mie dengan menggunakan alat pemotong mie.
Bahan-Bahan Mengolah Mie Aceh :

Kurang lebih 500gr mie yang sudah disiapkan sebelumnya, 150gr udang (telah dikupas dan dibuang kulitnya) bisa juga diganti dengan 1 ekor kepiting yang sudah dibersihkan, 150gr daging kambing atau sapi, 1 buah tomat (potong memanjang), 5 siung bawang merah (iris tipis), 4 siung bawang putih (iris tipis), 100gr kol putih (potong kecil), 100gr toge segar, (bersihkan), 25gr daun bawang 10gr daun seledri (iris halus), 600ml kaldu sapi, 2sdm kecap, 2sdm kecap asin, 4 sdm minyak goreng.

Bahan-Bahan Bumbu (Dihaluskan) : 

7 biji cabe merah, 7 siung bawang putih, 1 cm jahe, 3 butir kemiri, 1/4sdt ketumbar, 1/4sdt jintan, 3 butir adas manis, 3 butir kapulaga, 1/2 atau 2cm kunyit yang sudah dibakar, 1sdt merica bubuk.

Bahan Tambahan Pelengkap :

Acar atau mentimun yang dipotong tipis dan kecil secukupnya, 100gr kerupuk emping/belinjo secukupnya, Bawang goreng secukupnya, Cabe rawit secukupnya, Bawang merah mentah secukupnya, Irisan jeruk nipis sesuai selera

Cara Membuat Mie Aceh : 
  • Rebus terlebih dahulu mie dan daging kambing atau sapi, sisihkan.
  • Panaskan minyak goreng dalam kuali/wajan, masukan bawang merah, bawang putih dan bumbu yag sudah dihaluskan, tumis bahan sampai keluar wangi harum bahan.
  • Masukkan daging kambing atau daging sapi (yang sudah dibersihkan dan direbus), ditambah dengan udang atau kepiting (sesuai selera), aduk semua bahan hingga tercampur rata.
  • Masukkan kaldu, ditambah dengan kol, daun bawang, seledri, dan garam secukupnya, tunggu sampai kaldu mengental.
  • Selanjutnya tambahkan toge dan tomat, aduk rata lalu masukkan kecap manis dan kecap asin.
  • Kemudian tambahkan mie yang sudah direbus dan masukkan dan campur kedalam bahan, aduk hingga merata, angkat. Untuk menyajikan mie Aceh Basah gunakan atau ambil sedikit kuah (letakkan dalam wadah), untuk menyajikan mie Aceh kering tiriskan terlebih dahulu mie (letakkan dalam wadah)
  • Sebelum dihidangkan gunakan bahan-bahan pelengkap seperti : mentimun (iris), Bawang goreng, Bawang merah mentah, kerupuk emping/belinjo, cabe rawit (secukupnya), dan sedikit perasan jeruk nipis. Agar lebih nikmat dan lezat.
  • Mie Aceh siap dihidangkan
Kira-kira seperti itulah penjelasan sederhana tentang resep meracik dan mengolah Mie Aceh yang enak dan nikmat, yang kami himpun dari rumahmesin.com dan loveaceh.com. Selamat mencoba di rumah dan semoga bermanfaat. [KabaMinangNews]

Post a Comment for "Resep Meracik Dan Mengolah Mie Aceh Enak Dan Nikmat "